Thursday, March 26, 2009

Magic In Me

PLAY WITH THE NUMBER

alias bermain angka ....

1) MENEBAK BILANGAN 1

kumpulin temen-temen lo , alu pilih salah satu dari mereka dan minta dia untuk menentukan sebuah bilangan yang terdiri dari 2 angka , tulis di atas kertas ( tapi lo sendiri nggak boleh tahu angka yang dia tulis ) . Katakan padanya untuk membalikkan angka-angka yang dia pilih tadi . Lalu minta dia mengurangi bilangan yang besar dengan bilangan yang kecil . Setelah selesai , minta dia menyebutkan angka pertama dan hasil pengurangannya . Dari situ lo bisa nebak dengan tepat bilangan yang dia maksudkan .

misalnya , temen lo itu milih angka 966 , trus dia bolak-balik jadi 669 . trus bilangan yang besar dikurangi dengan bilangan yang kecil , jadi 966 - 669 = 297 .
Lebih jelasnya perhatikan ini :
kalo temen lo itu menyebutkan angka pertama dan hasil pengurangannya adalah 2 , tanpa kesulitan kamu bisa menebak bilangan yang dimaksud temanmu yaitu 297 .

Rahasianya :
bilangan yang terletak di tengah tengah dan hasil pengurangan selalu merupakan angka 9 , kalau temen lo tadi menyebutkan angka pertama ( dalam hal ini 2 ) , lo kurangin aja 9 dengan 2 , hasilnya 7 . Jadi deh jawabannya : 297 ..

nggak yakin , coba lo main-main dengan angka lain dan buktikan rumus itu ! oke ...

2 ) BILANGAN 1089

tulis sebuah bilangan 1089 diatas kertasi , lipat dan letakkan di atas meja . Minta salah seorang temen lo menentukan sebuah bilangan yang terdiri dari 3 angka , lalu bolak-balik angka tersebut . Kurangi bilangan yang besar dengan bilangan yang kecil . Hasil dari pengurangan tersebut , angkanya dibolak-balikkin . hasil dari pengurangan tadi dijumlahkan dengan pengurangan yang angkanya sudah dibolak-balik . Setelah temen lo selesai dengan penjumlahan itu , sodorkan kertas yang ada di atas meja . Ternyata hasilnya sama dengan bilangan yang lo tulis di kertas , 1089 .

Perhatikan baik baik ...
Misal temen lo itu menentukan angka 123 lalu dibalik menjadi 321 . Kemudian bilangany yang besar dikurangi bilangan yang lebih kecil . berarti 321 - 123 = 198 . Balikkan bilangan ini menjadi 891 . Terakhir kedua bilangan itu dijumlahkan : 198 + 891 = 1089 .

selamat mencoba !!!

No comments: