Thursday, July 17, 2008

Tour de Java

Libur tlah tiba .. libur tlah tiba ... horee e... horee... horeee....
Mungkin terlalu terlambat buat ngucapin itu , tapi better late than never kan ?
Ya , memang gw agak sedikit telat sih ... maapin gw yak !!! gak apa lah , so .. gw mau cerita nih Tour de Java gw

Tanggal 9 juli 2008 ( ceilah ) , gw , bokapnyokap berangkat buat memulai Tour de Java ini ... “ wah , asik dong “ ... hmm , belum tentu ... “ iya , lw kan kesana naek pesawat “ ... what ? pesawat ? sejak kapan gw ke Jogja naek pesawat ... ya , emang gw gak naek psawat .. tapi gw naek ‘ benda besi berjalan yang kalo masuk tol JLJ bayarnya 6500 trus minumnya Premium yang seliter 8000-an ‘ ...
Sampah !!!

“ apaan tuh dit ? “ yes , you’re true .. that is MOBIL ato OTO ato DOKAR BERMESIN .. ato whatever lah .. pokoknya gitu deh ... . then , gw memulai perjalanan pertama dari Cikarang , artinya gw lewat pantura ... ok , kalem ...
Tapi bo’ .. gw disuruh jadi “ NAVIGATOR “ , sip ... sampah masyarakat !!! gw disuruh megangin peta Jakarta-Jogja-Jakarta ... sampah II .. ok , gak apa lah .. setelah pantat gw cukup bagus untuk diolesin ambeven , gw pun tiba di kota batik , Pekalongan ... adeknya Pekelelawaran ( jayus!! )... so , namanya juga ibu-ibu , nyokap gw langsung nyerbu batik disana... gw ... teuteup , stay at car nungguin ibu-ibu belanja bareng bokap gw ... gw baca bukunya raditya dika yang “ Babi Ngesot “ . bener deh , itu buku bikin gw kencing di celana ( gak ding ) ..
Ok , gw lanjut perjalanan gw , sampei di Batang , sekitar beberapa kilo-an dr Pekalongan .. bensin udah cukup mau habis ... dan sampahnya , bokap gw lupa ngisi bensin di Batang .. Disinilah pengalaman berkesan gw dimulai .. pengalaman pertama adalah :

PREMIUM LANGKA

Gw gak nyangka banget , ternyata di Jateng tuh Premium cukup langka , kecuali di kota besar ... dan bokap gw lupa isi bensin di Batang , padahal antara Batang – Semarang .. Cuma kota itu dowang yang ready stock premium . Akhirnya ... ya , gw dengan suksesnya isi PERTAMAX yang super mahhalll !!! itu di deket Semarang , sampah !! ... namun pada akhirnya ( ceilah ) , gw nemu premium ( buset , bilang nemu premium kayak ngomong ‘ woi , gw nemu seceng nih ‘ ) .. dengan medoknya , petugas pom bensin yang nggak “ pasti pas “ ngomong

“ Ooo .. ndak ada lagi premium pak , adda laggi di semarang ajja , piye iki pak ? “
“ Ya udah , gak papa lah .. Makasih ya mas “ kata bokap kalem namun cukup kecewa setelah ngisi pertamax yg seliternya ceban .
“ Njeh pak , maturnuwun njeh pak “
BERDIRI SEJAK 1836

“ Laper “ kata gw kalem , tapi sebenernya cacing perut gw udah mau meledug ..
“ Gak bisa cari makan , nak . Belum ada tempat makannya “ kata bokap

Ok , gw terima ( hiks..hiks.. ) , akhirnya nyokap gw ngebanyol gt deh , sebenernya menurut gw sama sekali gak lucu .. tapi ya , berhubung itu nyokap gw , gw takut nanti gw dimasukin lagi ke dalem perutnya , apalagi dijadiin Maling Kundang ( naujubila ) , gw nyoba untuk ngehargain nyokap gw , jadi .. ditengah perjalanan gw yang lagi PW abis , nyokap nyeletuk :

“ Kalo dipikir-pikir kasian juga yah Nyonya Meneer “
“ Lho , emang kenapa dia ? “ kata bokap
“ Iya , kasian aja ... gak nyangka ternyata dia kuat banget “
“ Maksudnya ? “ lanjut bokap
“ Masa’ gak ngerti sih ? “
“ Apa sih maksudnya .. hhe “ kata gw
“ Kasian , dia BERDIRI SEJAK TAHUN 1836 , apa kakinya gak rontok tuh ? “

He ? lelucon apakah ini ? ditengah-tengah bokapnyokap gw yg lagi tertawa terbahak-bahak , gw coba ketawa-ketawa kecil aja .. Apa coba lucunya ... ya gak ? ck ck ck ..

AMBARAWA – SEMARANG

Sekitar jam 8 maleman , alhamdulillah gw dengan selamat sampe di Semarang , namun, berhubung masih belum terlalu malem , bonyok memutuskan untuk lanjut ke Ambarawa .. biar cari hotelnya disana ... olrait , setelah makan dulu di Semarang , gw lanjut ke Ambarawa .. sampe disana // ternyata , GAK ADA HOTEL !!! mungkin ada , tapi gw gak nemu Hotel di pinggir jalan Negara di Ambarawa .. bonyok panik setengah mati , mau balik tanggung .. mau lanjut ke Jogja takut kemaleman .. so , akhirnya kita BALIK LAGI KE SEMARANG .

Walhasil , jam 10 malem gw baru sampe “ lagi “ di Semarang , gw nginep di Gombel ... kalo dipikir tuh cowo2 gombel gt deh ( oh itu gombal , JAYUS !! ) .. dan setelah di Semarang ini timbul masalah yaitu ...

HOTEL MURAH ( SEMARANG )

Bukannya gw nyombong , maunya di Hotel bagus .. tapi yang namanya liburan gak salah dong gw minta di Hotel yg notabene “ agak elite “ ... wajar lah ya ... gw berharap nginep di hotel sekaliber Novotel , Sahid , Aston , Horison , ato apa lah .. ini nggak .. gw Cuma nginep di RESORT !! yang viewnya ke Kota semarang , indah sih .. tapi gajebo !! gak dapet sendal hotel !! puas bangeth .. trus sistem makan paginya itu bukannya kt yang ke restonya tp dianterin .. so , gw gak bisa dong milih2 makanan hotel yg gw suka . pa lagi gw sekarang lagi tekun banget nonton “ Allez Cuisine “ , yg koki2 hotel gt .. yg pembawa acaranya kalo ngumumin koki yang menang , suaranya menggelegar kayak pengen nerkam orang gt , yang gw inget sih satu :

“ Daaaann ... pemenangnya ... adaaallaah !!!! CHEF !!! SUUUPAARDDDINN !!!!! “

Jdar Jder Jdar Jder !!! .... menggelegar ,, nafsu banget ngomongnya !! sampah !

Yah mau dibilang apa , gw jalanin aja lah .. ( hiks..hiks.. )

MALIOBORO

Salah satu tempat keramaian di kota Jogja adalah Malioboro . Dimana anak2 muda Jogja ngeceng gk jelas gt , kalo kita kan sunnite biasa ke PIM ato gak gading , ini ke . MALIOBORO !! elit banget ! , disini waktu itu gw lagi duduk2 nungguin nyokap gw , trus gw ngeliat segerombolan cewek2 Jogja medok yang sok2 kece pengen diliatin gt , sambil ketawa ketiwi ketika ( loh , T2 tuh ) .. trus mereka tuh sok2 nabrak2 ke becak yg di Malioboro , trus pas salah satu temennya nabrak tuh mereka ketawa kenceng banget . Ih , gak banget deh ..

Ada lagi , gak lama setelah gerombolan cewek Jogja caper itu berlalu , ada segerombolan anak cewe-cowo ( banyakan cowonya ) , dandanannya itu sok2 rocker gt , pake baju hitem2 , celana skinny , rambut sok di spike , ada yang diwarnain gak jelas gt .. bawa gitar sama tamtam ( tau kan , yg kayak drum gt Cuma lebih kecil , yang kayak pengamen punya gt ) .. dandanannya itu sok rocker banget , lebih parah dari Kangen Band ... !!! cuih ..

“ Siapin duit seribuan “ kata bokap , mungkin bokap gw ngira mereka ini pengamen , walopun bajunya gak banget .. ok gw ikutin , gw siapin jg

Trus gak lama , mereka berhenti pas banget didepan gw dan bokap gw .. biasalah , sok unjuk gigi gt . biasa lah , namanya orang Jawa kan , menekankan intonasi di huruf “ b “ , “ d “ , “ j “ , “ g “ .. ( jadi kalo nanti gw tulis dobel , berarti huruf itu medok ) .. tau mereka nyanyi apa ?

Yes , you’re true .. it’s WORLD VIRUS !! ato RACUN DUNIA versi medok

Vokalisnya maju kedepan sedikit , trus ngasih ucapan selamat datang sama turis2 di Malioboro gt , trus dia minta izin mau nyanyi ... pertamanya , hmm.. gw pikir lumayan jg , tapi pas di reff nya :

“ raccuun !!! raccuun !!! . wanitta !! raccun .. dduniiyya !!! oooh oooh .. “ medok abis !! anjrit ... gak nyangka gw lagu Changcut di medokin ..
DAGADU

Sapa yang gak tau Dagadu Djokdja ? Jogernya Jogja lah .. pabrik kata 2 yang di setiap kaosnya ada tulisan “ ASELI BIK INAN DAGADU DJOKDJA “ . menurut gw kaos gini adalah yang paling bagus disamping Distro2 Bandung .. ada lah yang “ YOGYA!SMILESENGGER “ , “ doCAR “ , trus sama kaligrafi2 djogja gt deh .. Di Dagadu , Jogja itu mereka sebut “ NEW YORKARTO “ , apa coba ? unik jg sih ..

Mas2 yg jualan baju itu nemenin gw sepanjang jalan kenangan ( 80’s banget ) , bukan .. maskud ( baca : maksud ) gw mas2nya nemenin gw nyari2 baju bagus .. Trus pas udah selesai beli baju , gw pun bayar .. ya iyalah , nanti kalo nggak bayar bisa2 gw dikejar2 sama Prajurit Keraton lagi ... Ditengah2 nyokap gw mau bayar itu , mas2 nya sok2 reaper gt .. tangannya sok2 dimajuin kedepan kebelakang , pokoknya ala reaper gt .. dia sok2 ngejelasin tentang baju2 Dagadu sambil maenin tangannya seolah2 Reaper gt , mulai gelisah kembang kempis ( jayus ! ) , nyokap gw ngomong ke mas nya

“ Tangannya kenapa mas ? “ kata nyokap gw

Ket : yg ditulis dobel berarti dimedokin

“ Oooo .. ini bbu , yya sayya inni dullu kebbiasaan ngangkat gerobbak .. jaddi tanggan sayya inni yya uddah serring gerrak gerrak ggak jeellas kek reper bbu , yoo yooo yoo !!! “ kata si mas medok gaya reaper ..

Dagadu ... emang gak bisa gw lupain .. Kalo lw mau visit dagadu aseli bik inan djogdjakarto .. lw .. dari Jl.Malioboro , lurus sampe ketemu alun2 kraton , lw belok kiri ngelewatin alun2 sebelah kiri kraton , trus lw cari Jl.Rotowijayan , pasti lw nemu itu counter Dagadu .. ok , untuk informasi lebih lanjut hubungi 080844xxx , apabila sakit masih berlanjut hubungi dokter !!

HOTEL MURAH ( JOGJA )

Setelah dapet pengalaman Hotel Murah di Semarang , gw berharap gak bakalan dapet hotel kyk gt lg di Jogja , tapi ... hasilnya nihil . tetep , gw dapet hotel murah ( hiks..hiks.. ) . Setelah menghadapi kenyataan seperti Hotel Inna Garuda , Mutiara , Melia Purosani , dan Ibis yang Full Booked .. akhirnya gw dapet hotel murah ( lagi ) namanya LIMARAN !! , dari pertama gw ngeliat kondisi depan hotelnya , gw udh ngerasa “ wah ni hotel pasti gak enak nih “ , lorongnya gelap , pas gw tanya kenapa .. katanya

“ hemmat enerjji mas ... inget tujjuh bellas duwwa duwwa !! “

Trus , gw liat aquariumnya gak keurus gt , kotor banget .. kamarnya , cukup kecil ! tapi ada bathtub nya gt deh .. tapi bo’ .. TV NYA KECIL BANGET !! gak ada Indovision-nya pula , TV 14 inch gt deh .. trus , pas gw nyalain

“ tregedek tregedek tregedek “

Bunyinya gak enak gt , kayak ada cicak nyelip di tabung TV nya , trus gambar TV nya gak jelas pula .. ok lah , gapapa ... ( hiks..hiks.. ) . Mungkin kalo di Semarang dapet hotel murah yang gak ada sendalnya gapapa lah, krn gw Cuma Transit , tapi di Jogja ? masih ?? ck ck ck

HOTEL MURAH ( PEKALONGAN )

Setelah puas di Jogja , gw balik ke Jakarta via Bandung .. dan pastinya , gw nginep dulu di Bandung . Setelah lewatin Semarang , ortu gw mutusin bwt bermalem di Pekalongan , disini kembali gw dapet hotel murah .. nama hotelnya HAIAM WURUK !!! mau dibilang Losmen tulisannya “ Hotel Haiam Wuruk “ , mau bilang Hotel tapi layaknya Losmen .. bingung gw jg . gak dapet makan pagi , trus resepsionisnya udh bolot , tua .. heeh... Trus bwt nyampe Hotel ini tuh gw harus muter jalan yang Forbidden ( artinya gak boleh dilewatin ,,, kalo orang Pekalongan ngomongnya gini : PERBODEN ) ... elit sangadh !!

Cukup !!!

Gw udh muak dapet hotel murah , gw wanti2 supaya di Bandung nanti gw dapet hotel yang agak elite ... yang bernama gt lah , di pusat kota .. deket Ciwalk .. macam Aston Tropicana yang kalo mau ke Ciwalk tinggal jalan , atou Horison , Grand Preanger , Hyatt , Panghegar , dll ...

“ Insya Allah “ decak gw dalem hati , gw gatau apakah bakal teralisasi

HOTEL MURAH LAGI ( BANDUNG )

Sampe di Bandung , gw udh pasrah .. karena semua hotel yg gw harepin minimal dpet sendal hotel !! urung pun dilaksanakan .. semua hotel di pusat kota Full Booked .. ini lebih parah daripada di Jogja kemaren .. sputt !! walhasil gw naek ke Jl.Setiabudhi dan dapet hotel bintang 2 resort .. walopun gt , tetep gak dapet sendal hotel .. hah . gw pasrah , coba kalo disetiap hotel yg gw tinggalin dpt sendal hotel , pasti gw udah dapet ... mmm .. gw itung dulu .. di Semarang 2 biji , di Jogja 2 biji , di Pekalongan 2 biji , di Bandung 2 biji .. total .. mmm... 8 BIJI !! wah , bisa gw bagi2in ke tetangga kan ??? peress !!! sambelll !!!! udah lah , mungkin liburan kali ini adalah liburan gw yang paling peress !!! ... sambell ...

Ok guys , gt aja deh ya !!

No comments: