Tuesday, September 22, 2009

We Are Stuck On Social Networking

jaman sekarang teknologi udah berkembang pesat banget , dari jaman kirim-kiriman surat pake merpati udh dilarang oleh pemerintah kolonial berganti ke jaman jaman kopdar , kata nyokap gua sih artinya kopi darat jadi tuh kita ngobrol nya pake HT gitu .. kopi darat terkenal pas jaman nyokap gua masih pake rok high waist , bukan high waist jaman jaman sekarang ... high waist karena roknya dinaikin sebatas pinggul dengan gaya katrok dan kacamata jengkol trus pas jaman Freddie Mercury masih hidup pas terkenal jaman-jaman John Lennon masih teriak-teriak " damaai damaaaai " ,, nah kalo jaman sekarang sih (katanya) kan kita udah berkembang banget .. anak anak aja udh kenal yang namanya website-website kayak Facebook , MySpace , Hi5 , dkk .. trus belum lagi setelah ditemukannya Blackberry dan mulai marak banget di seantero negeri padahal internet ditemuin baru-baru ini , kata guru komputer gua sih internet baru masuk indonesia tahun 95'an gitu apa tahun 90'an ya lupa . nah trus kan Facebook sama chat-chat client kayak Windows Live , YM , Blackberry Messenger udah maraaaaaaaaaak banget dan beeegh booming nya udah kayak orang-orang minta THR pas lebaran , gua jujur aja merupakan termasuk orang-orang yang baru bangkit dari kegaptekan dunia akhirat . karena Daryliansyah datang menghadang maka gua pun mengenal situs-situs kayak Friendster , dsb .

Awal gua punya friendster , gua merasa banggaaaaaaaaa banget gak tau kenapa , punya Friendster udah kayak punya mobil mersi dan setiap hari gua berkutat di Friendster .. sehari gak buka friendster udh gelisah gimanaa gitu dan egghhhh ... friendster makes me crazy dah .. setelah berkutat cukup lama di friendster daryl mengenalkan gua kepada MSN ..dia pun dengan setia bikinin gua MSN dan gua kemudian download eBuddy .. setelah berhasil gua pun akhirnya berkutat di MSN setiap hari , ampe pulsa gua bengkak gara-gara habis di MSN ,, kerjaan gua chat chat chat melulu dari pagi sampe pagi lagi ( halah ) ..

kemudian muncullah yang nama nya facebook dan kembali daryl yang mengajarkan gua dengan telaten apa yang dimaksud dengan facebook , apakah ukurannya lebih kecil dari notebook atau harganya lebih mahal dari netbook ? bukan goblok ! facebook itu bukan laptop ! . pas awal-awal punya facebook jujur gua sama sekali gak ngerti . dulu pas masih jaman demen ngenet di gipsy , warnet favorit di depan sekolah gua selalu buka facebook kalo ada yang nemenin dan yang nemenin itu pastinya Daryliansyah Putra Anggasta ( aku sayang kamu , halaaah ) . kemudian setelah gua cukup ngerti dengan facebook akhirnya Daryl berani ngelepas gua ol sendirian , gua belajar facebook sama daryl persis seperti gua diajarin naik sepeda sama bokap 10 tahun yang lalu , dimulai dari sepeda roda empat terus dilepas ban nya satu jadi sepeda roda tiga sampai akhirnya sepeda roda dua , dan terakhir sepeda sirkus yang rodanya cuma 1 , dan at last but not least gua dijual ke sirkus di ancol , gak ding yang terakhir bercanda . oke .. facebook membuat gua benar-benar melupakan friendster .. dan pada akhirnya gua pun 100% beralih ke facebook dan membuang jauh-jauh kenangan manis gua bersama friendster . kata kaskus sih sekarang friendster isinya tinggal alay-alay aja , yang namanyaa gak karuan dan susah dibaca itu ... temen-temen gua pun hampir semuanya udah beralih ke facebook walaupun berangsur-angsur .

Facebook , hemm ... dari awal gua punya facebook ahh gua kira ini website gak bakal se-booming friendster dulu , awawaw tapi alamakjang ternyata booming Facebook baru-baru ini ngebikin Facebook itu sendiri overload dan lama-lama jadi lemot . di dalem facebook awalnya gua cuma ngerti update status , upload foto , sama wall-to-wall .. gak lebih , dan itu sangat bapuk . kemudian mulai marak iDescribe ,, di wall banyak yang minta "eh iDes dong iDes dong" hm oke lo sangat bapuk men ! nah terus mulai muncul namanya Grafiti , dan di wall banyak yang minta : eh iDes + graf yaaa " .. kemudian marak lagi games-games facebook kayak petsoc , rock legends , dan mafia wars .. gua sendiri cukup sering main terutama Rock Legends , and i just became 22th Level Keyboardist !!! tapi semakin lama semakin gua tinggalin , gak pernah gua mainin soalnya streetcred nya udh abis . nah terus mulai marak lagi yang namanya "How Well Do You Know Me" , dimana mereka-mereka bikin pertanyaan-pertanyaaan absurd tentang diri mereka sendiri yang dijawab oleh temen-temen mereka sebagai tanda seberapa kenalkah elo tentang diri gua gitulah intinya .. dan semakin lama berkembang , berkembang , berkembang , daaan berkembang ..

ditengah-tengah maraknya facebook kemudian nongol Twitter , yang didaulat sebagai mini blogging .. awalnya gua kurang tertarik karena menurut gua prinsip Twitter itu seperti update status di facebook , tapi kemudian Twitter (katanya) marak dan mulai booming .. banyak yang apalah itunamanya ReTweet lah , trus yang "@blabla " trus yang depannya pake tanda "#" biasanya ngebahas topik-topik kayak "#pengakuan , #iwish , # jamansd , jamansmp" dan sebagainya .. di blackberry juga gak kalah .. mungkin kalo twitter ribet diakses harus dari komputer mulai ada twitter client seperti uber twitter , twitterberry , snaptu , API , twittai , tweetdeck , dan segala macam nya lah , dan sejak itu gua selain berkutat di Facebook akhirnya mulai keranjingan Twitter padahal awalnya gua udah mencoba untuk berhenti .

Terus lama-kelamaan gua mulai mengenal yang namanya kaskus , The Largest Indonesian Community yaaa semacam forum yang ngebahas banyak topix lah . mulai dari ngata-ngatain malaysia sampai info-info unik .. dan gua mulai mengenal istilah istilah seperti pertamax , lanjutgan , repost , mimin momod , IPO , cendol , bata , gan yang berasal dari kata juragan , kaskuser , hoax , quote , rate , dan segalamacam nya lah . gua emang bukan kaskuser yang demen posting ampe 3000 an posting , jujur gua sebenernya cuman suka baca-baca post-post mereka para kaskuser senior di dalam forum itu dan gua pun mulai keranjingan . Honestly , awalnya gua kira kaskus itu situs bokep jadi gua males bukanya haha eh taunya bikin kecanduan juga tuh kaskus ..

selain yang diatas tadi masih banyak lah yaa jaringan-jaringan sosial yang mulai marak di kalangan anakmuda sampe orang tua .. gua sampai sekarang lagi nunggu kapan MySpace booming di Indonesia ( apa gua ketinggalan berita ? apakah mySpace sudah booming ? hmm bapuk abis ) .. oh iya terus adalagi apa tuh namanya Skype , ooVoo , looklet , polyvore .. yang kedua dari terakhir itu sih biasanya cewek-cewek yang mainin , katanya sih website fashion-fashion gitulah gua juga ngerti .. dan Social Networking ini membuat produktivitas kita berkurang , dimana-mana kita selalu nyari-nyari kesempatan untuk buka komputer untuk sekedar buka facebook , atau hanya untuk sekedar update status lah .. so , kesimpulannya ?

We are stuck on the hell social fucking networking !! , and i enjoy it .. hmm

1 comment:

ivan said...

PERTAMAXX gan keep posting...